Sangitan S­ambucus­ javanica Reinw

Tanaman obat bernama sangitan sambucus javanica reinw, tanaman berkhasiat obat, tanaman unutk jamu, plant madecine, medicene plant, sehat alami, healtly, Tanaman Obat bernama Sangitan­ Sambucus­ Javanica Rein, Sangitan termasuk dalam Familia Caprifoliaceae. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan air laut.  . Sangitan merupakan perdu yang mempunyai tinggi 1sampai 3 m.
sangitan

Ciri ciri tanaman obat sangintan sambucus javanica reinw

  • batangnya bulat dan tidak bercabang. 
  • Daunnya merupakan daun majemuk yang letaknya berseling. Terdapat 5­9 anak daun yang letaknya menyirip. 
  • Anak daunnya bertangkai, berbentuk elips memanjang sampai lanset yang panjangnya 8­15 cm dan lebarnya 3­5 cm. Ujung daun runcing, tepi daun bergerigi dengan warna permukaan atas hijau tua dan permukaan bawah berwarna hijau muda.Bunganya kecil­kecil dengan 5 kelopak berwarna putih kuning yang berkumpul membentuk payung majemuk dan keluar dari ujung ranting serta berbau harum. 
  • Buahnya berupa buah buni, berbentuk bulat yang apabila masak berwarna hitam serta mempunyai diameter 3­ 4 mm. Bijinya sebanyak 1­3. Sangitan dikembangbiakkan dengan stek dan biji. 
Tanaman ini mempunyai sifat kimiawi manis, sedikit pahit, dan hangat. Herba ini masuk meridian hati (lever). Akarnya berfungsi menghilangkan kolik (antispasmodic) dan menghilangkan pembengkakan. Batang dan daunnya berfungsi sebagai peluruh kencing (diuretic), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan sakit (analgetik), dan melancarkan sirkulasi. Kandungan kimia dalam sangitan antara lain essential oil, ursolic acid, betha­sitosterol, alphaamyrin
palmitate, KNO3, dan tannin. Akar, batang, dan daun tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan. Untuk pemakaian kering dapat dijemur bila ingin disimpan.
Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan tanaman ini, antara lain :
Akar; Luka terpukul, Tulang patah (fraktur), Encok (rheumatism), pegal linu, Sakit kuning
Tanaman berkhasiat obat sangitan sambucus javanica reinw

No comments:

Post a Comment